Selasa, 02 Desember 2014

Beberapa Tips Persiapan Ujian Semester (US) agar menjadi lancar



 1 . Buatlah Manajemen Waktu
Jauh-jauh sebelum US, diharapkan bisa membagi waktu agar saat ujian semester berlangsung, tidak terganggu dengan aktivitas lainnya. Selesaikan terlebih dahulu tugas dan agenda acara yang ada sebelum US. Buatlah time schedulle belajar agar dapat membagi waktu yang adil untuk belajar masing-masing mata pelajaran.

2. Hindari "SKS" atau Sistem Kebut Semalam
Sistem kebut semalam adalah salah satu cara belajar yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, hindarilah cara belajar yang seperti ini karena seringkali dapat membuat kedodoran saat mempelajari materi. Selain itu, hasil belajar tidak akan maksimal dan berakibat muncul niat menyontek. Tentu akan lebih baik, menyicil belajar sedikit demi sedikit saat menjelang US. Agar tidak terjadi "kebanjiran materi" yang diselesaikan dengan SKS. Manfaatkanlah secara maksimal waktu minggu tenang yang diberikan oleh sekolah.

3. Pilih dan Tentukan Cara Belajarmu
Cara belajar masing masing individu berbeda. Pilihlah metode belajar yang tepat (beradaptasi selera) agar dapat menguasai materi yang akan diujikan. Bisa dengan belajar kelompok maupun mandiri, selain itu juga dapat belajar dengan metode verbal, audio maupun media lainya yang dapat membantu. Buatlah cara belajarmu nyaman dan mudah.

4. Jagalah Kesehatan
Menjelang US biasanya banyak tenaga yang terforsir karena padatnya aktivitas. Jagalah kesehatan dengan makan teratur dan bergizi seimbang, agar tetap sehat dan dapat menjalani US dengan lancar. Perbanyak konsumsi buah buahan, jika perlu minumlah suplemen kesehatan agar dapat menjaga daya tahan tubuh.
   
5.Sediakan Waktu Untuk Istirahat
Belajar boleh kencang, tapi jangan lupa untuk istirahat. Kalau di kelas, setiap jeda pelajaran gunakan untuk melemaskan badan dan pikiran. Setiap 30-45 menit waktu belajar kita di rumah selalu selingi dengan istirahat. Kalau pikiran sudah suntuk, percuma saja memaksakan diri. Setelah istirahat, badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru.

6. Jujur
Jawablah sesuai yang ada dipikiran. Jangan nyontek pekerjaan teman. Bila anda melakukan kegiatan menyontek, maka tips-tips sebelumnya akan sia-sia. Karena kejujuran adalah penyambung santunan antar rejeki, kita dan - Tuhan kita, yaitu Allah SWT.

7. Siapkan Mental
Mental seorang siswa akan mampu merubah segalanya. Bila siswa memiliki mental baja, maka segala ujian yang dilalui akan terasa ringan, dan sebaliknya jika siswa memiliki mental yang menyesatkan maka suasana US akan seperti neraka dunia. Untuk memiliki mental yang kuat, seorang siswa harus mampu untuk tidak terpaku pada nilai yang akan diperoleh dan bersikap "mengalir saja".

Jadi, janganlah merasa stress dan panik menghadapi US. Namun begitu jangan pula menganggap remeh US. Tetap jaga konsistensi sebagai siswa yang memiliki  responsibilty tinggi agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

8. Berdoa
Setelah semuanya dipersiapkan dengan baik, jangan lupa berdoa kepada Allah SWT agar diberi kelancaran dalam mengerjakan US dan diberi hasil yang maksimal. Mintalah restu orang tua sebelum beranjak US agar hati tenang. Amin.

Sekian artikel tentang Tips Dalam Menghadapi Ujian Semester US Semoga Bermanfaat dan Selamat Menjalankan US.

US Mtk HK ganjil 2014-2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar