Selasa, 02 Desember 2014

Beberapa Tips Persiapan Ujian Semester (US) agar menjadi lancar



 1 . Buatlah Manajemen Waktu
Jauh-jauh sebelum US, diharapkan bisa membagi waktu agar saat ujian semester berlangsung, tidak terganggu dengan aktivitas lainnya. Selesaikan terlebih dahulu tugas dan agenda acara yang ada sebelum US. Buatlah time schedulle belajar agar dapat membagi waktu yang adil untuk belajar masing-masing mata pelajaran.

2. Hindari "SKS" atau Sistem Kebut Semalam
Sistem kebut semalam adalah salah satu cara belajar yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, hindarilah cara belajar yang seperti ini karena seringkali dapat membuat kedodoran saat mempelajari materi. Selain itu, hasil belajar tidak akan maksimal dan berakibat muncul niat menyontek. Tentu akan lebih baik, menyicil belajar sedikit demi sedikit saat menjelang US. Agar tidak terjadi "kebanjiran materi" yang diselesaikan dengan SKS. Manfaatkanlah secara maksimal waktu minggu tenang yang diberikan oleh sekolah.

3. Pilih dan Tentukan Cara Belajarmu
Cara belajar masing masing individu berbeda. Pilihlah metode belajar yang tepat (beradaptasi selera) agar dapat menguasai materi yang akan diujikan. Bisa dengan belajar kelompok maupun mandiri, selain itu juga dapat belajar dengan metode verbal, audio maupun media lainya yang dapat membantu. Buatlah cara belajarmu nyaman dan mudah.

4. Jagalah Kesehatan
Menjelang US biasanya banyak tenaga yang terforsir karena padatnya aktivitas. Jagalah kesehatan dengan makan teratur dan bergizi seimbang, agar tetap sehat dan dapat menjalani US dengan lancar. Perbanyak konsumsi buah buahan, jika perlu minumlah suplemen kesehatan agar dapat menjaga daya tahan tubuh.
   
5.Sediakan Waktu Untuk Istirahat
Belajar boleh kencang, tapi jangan lupa untuk istirahat. Kalau di kelas, setiap jeda pelajaran gunakan untuk melemaskan badan dan pikiran. Setiap 30-45 menit waktu belajar kita di rumah selalu selingi dengan istirahat. Kalau pikiran sudah suntuk, percuma saja memaksakan diri. Setelah istirahat, badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru.

6. Jujur
Jawablah sesuai yang ada dipikiran. Jangan nyontek pekerjaan teman. Bila anda melakukan kegiatan menyontek, maka tips-tips sebelumnya akan sia-sia. Karena kejujuran adalah penyambung santunan antar rejeki, kita dan - Tuhan kita, yaitu Allah SWT.

7. Siapkan Mental
Mental seorang siswa akan mampu merubah segalanya. Bila siswa memiliki mental baja, maka segala ujian yang dilalui akan terasa ringan, dan sebaliknya jika siswa memiliki mental yang menyesatkan maka suasana US akan seperti neraka dunia. Untuk memiliki mental yang kuat, seorang siswa harus mampu untuk tidak terpaku pada nilai yang akan diperoleh dan bersikap "mengalir saja".

Jadi, janganlah merasa stress dan panik menghadapi US. Namun begitu jangan pula menganggap remeh US. Tetap jaga konsistensi sebagai siswa yang memiliki  responsibilty tinggi agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

8. Berdoa
Setelah semuanya dipersiapkan dengan baik, jangan lupa berdoa kepada Allah SWT agar diberi kelancaran dalam mengerjakan US dan diberi hasil yang maksimal. Mintalah restu orang tua sebelum beranjak US agar hati tenang. Amin.

Sekian artikel tentang Tips Dalam Menghadapi Ujian Semester US Semoga Bermanfaat dan Selamat Menjalankan US.

US Mtk HK ganjil 2014-2015

Sabtu, 30 Agustus 2014

Pelatihan Kurikulum 2013 Batam

    Rasa terima kasih, patut kita ucapkan karena serangkaian kegiatan persiapan dan implementasi Kurikulum 2013 di Batam yang antara lain pelatihan, mulai dari, guru inti, dan guru sasaran bahkan sudah dilakukan pengimbasan kurikulum 2013 kepada sekolah-sekolah yang lainnya, kesemuanya itu sudah mendekati akhir dengan baik. 
     Berkaitan dengan buku. Buku pegangan guru sebagian telah sampai ke tangan para guru sasaran saat dilakukan kegiatan pelatihan. Yakni sebagian telah dikirim langsung ke sekolah-sekolah yang menjadi sasaran implementasi di masing-masing Wilayah. Sedangkan Pelatihan Kurikulum 2013 di Tahun 2014 sudah hampir semuanya dilaksanakan di semua daerah, baik di tingkat kabupaten maupun kota.
Oleh kareta itu berikut ini Penulis Lampirkan semua Silabus, contoh RPP dan Buku Matematika di jenjang SMP dan SMA/SMK Kurikulum 2013 baik Buku pegangan Guru maupun Buku pegangan Siswa, serta semua Silabus, contoh RPP dan Buku Matematika di jenjang SMP dan SMA/SMK Kurikulum 2013 Edisi 2014.

SMP/MTs
  • Silabus Terbaru Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 [Download]
  • Silabus Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 [Download]  
  • Contoh RPP Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 [Download]
  • Silabus Terbaru Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 [Download]
  • Silabus Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 [Download]
  • Contoh RPP Matematika SMP Kelas 8 Model Kurikulum 2013 [Download] atau unduh contoh RPP yang terbaru [Download_RPP New]
  • Silabus Terbaru Matematika SMP Kelas 9 Kurikulum 2013 [Download]
  • Silabus Matematika SMP Kelas 9 Kurikulum 2013 [Download]
  • Contoh RPP Matematika SMP Kelas 9 Model Kurikulum 2013 [Download]
  • Buku Matematika SMP Pegangan Siswa [Download]
  • Buku Matematika SMP Pegangan Guru [Download]
  • Format Rapor SMP Kurikulum 2013 [Download]
# Buku SMP/MTs Kelas 8
# Buku SMA/MA/SMK Kelas 10 Edisi Revisi 2014

# Buku SMA/MA/SMK Kelas 11
SMA/MA/SMK
  • Silabus Matematika SMA Kelas 10 Kurikulum 2013 [Download]
  • Contoh RPP Matematika SMA Kelas 10 Kurikulum 2013 [Download]
  • Silabus Matematika SMA Kelas 11 Kurikulum 2013 [Download]
  • Silabus Matematika SMA Kelas 12 Kurikulum 2013 [Download]
  • Buku Matematika SMA Pegangan Siswa [Download]
  • Buku Matematika SMA Pegangan Guru [Download]
  • Format Rapor SMA Kurikulum 2013 [Download]
  • Format Rapor SMK Kurikulum 2013 [Download]
*) Untuk Silabus Mata Pelajaran SMA yang Lain Bisa dilihat disini [Download]
*) Untuk Silabus Mata Pelajaran SMK yang Lain Bisa dilihat disini [Download]

Jumat, 23 Mei 2014

Lirik dan chord Slank - Bocah

Slank - Bocah
Intro : C

 C       Em         Am   
Bocah-bocah kecil tiupkan nada
   F           G
Seruling bambu
  C        Em     Am
Dendangkan lagu dikeheningan
   F      G
Alam desa

 C       Em          Am 
Bocah-bocah kecil mandi dikali
     F           G
Dengan penuh canda
 C      Em     Am         F       G
Mainkan air di kesejukkan alam desa
     G  Am      F  G
* O ya,.,oo ya ya ya,.,.,
          G   Am   F  C
  Mereka bahagia
     G  Am   F    G
  O ya,., o ya ya ya,.,
           G   Am   F  C
  Penuh kedamaian

 C       Em
Bocah-bocah kecil
   Am                F        G
Gembalakan ternak susuri sawah
  C        Em
Pandangkan mata
  Am           F      G
Dikeindahan alam desa

Balik ke *

Reff :
          G  Am          F     C
Andaikan mereka tiupkan terompet
        G     Am       F    C
Dalam kebisingan suasana kota
          G  Am           F        C
Haruskah mereka mandi di dalam kolam
          G   Am       F    C
Dalam kesumpekan suasana kota
          G  Am          F      C
Haruskah mereka gembalakan ternak
        G    Am          F    C
Menyusuri jalan-jalan raya kota

Interlude : C Em Am F G 2x
Balik ke * 2x

Demi Mengisi Acara Perpisahan

Kamis, 08 Mei 2014

SAAT MENUNGGU PENENTUAN

    Saat yang ditunggu mendekati penentuan. Banyak di antara orang berharap sambil cemas dan galau perihal kabar kelulusan. Padahal jauh hari sebelum hari pengumuman kelulusan itu tiba, ada diantaranya malah merasa biasa dan tenang-tenang saja. Tak terpikirkan sebelumnya kalau ternyata beberapa hari menjelang penentuan itu justru ketegangan datang menghampiri dan semakin memuncak seiring mendekatnya hari H. Sebenarnya kalau mau perhatikan lebih seksama bukanlah pengumuman untuk menentukan siswa yang lulus dan tidak lulus, akan tetapi pengumuman siswa yang lulus dan mengulang kembali (remedial) UN.
    Sambil merenungi kembali segala hal dan peristiwa yang terjadi sebelum UN. Ternyata, ada di antaranya mungkin menyadari bahwa banyak waktu yang terbuang percuma, sebagai contoh kurangnya tindakan mempersiapkan UN secara matang; saat pemantapan UN kurang memerhatikan guru, walaupun sebenarnya bukan gratis bahkan ada yang datang telat dan tidur di kelas. Justru baru mulai berlatih soal-soal beberapa minggu menjelang ujian dan semakin intensif saat UN tinggal satu minggu lagi. Ingatkah akan buku-buku pemantapan yang banyak kosong tak terisi karena malas mencatat saat pemantapan UN?. Hanya di awal-awal saja semangat membara mengikuti alur proses pemantapan. Selanjutnya lebih banyak bermalas walaupun kelihatannya asyik masuk kelas, tapi entah apa yang mereka asyikkan?. Oh…barangkali, tingkat kejenuhan semakin meningkat seiring dengan mendekatnya UN. Suasana bertambah jenuh dan konsentrasi terbagi dengan kenyataan bahwa bukan hanya menghadapai UN, tetapi………akh!
    Beberapa hari menjelang UN, bukan hanya sibuk belajar saja, tetapi juga sibuk mempersiapkan sekaligus mencari bocoran kunci jawaban UN. Bisa di ingat di antara anak terbiasa untuk berbasa-basi tentang kunci jawaban UN? Sebenarnya boleh prihatin dengan kelakuan ini, tapi sulit juga   memahami kalau mereka sebenarnya melakukan itu karena dihinggapi rasa takut dan cemas akan kegagalan mengerjakan soal?. Manusia itu memiliki rasa takut karena tidak mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan.  Padahal harus diketahui bahwa orang-orang pemberani adalah mereka yang terdorong untuk  menunjukkan pada dunia dan membuktikan kehebatan dirinya.  Selain itu tidak mungkin untuk mencapai keberhasilan yang besar tanpa menjumpai perlawanan, kesukaran, dan kemunduran. Akan tetapi adalah mungkin untuk mengalami hidup selebihnya tanpa kekalahan. Sebaliknya jika seseorang banyak berada dalam kemudahan dan kesenangan, maka jiwa akan menjadi rusak. Seseorang yang tidak mengenal kesulitan, dia tidak akan mengenal lezatnya belas kasih dan manisnya kasih sayang. Yang demikian hatinya tidak akan tersentuh oleh  apapun, bahakan biasanya sulit untuk diajak beradaptasi. Padahal sukses mungkin menghampiri kita ketika kita tidak mengharapkannya dan kebanyakan orang tidak menyadarinya.
    Makanya setiap sekolah biasanya mengadakan doa bersama menjelang UN. Sayangnya acara doa dan pemberian motivasi bagi siswa inipun sebagian kurang di ikuti dengan serius. Terbukti tetap sajaada yang  ketawa bahkan saat muhasabah berlangsung. Alkisah acara terakhir ditutup dengan salam dan saling bermaaf-maafkan sambil meminta doa kelancaran untuk ujian.
    Kini, UN telah berlalu dan tiba juga saatnya menunggu pengumuman. Tentunya menjelang detik-detik hari penentuan ini ketegangan semakin membuncah. Hal yang wajar sebagai sifat alami dari manusia yang mencemaskan dan mengkhawatirkan masa depan yang tak pasti. Tapi, setahap demi setahap, tirai ketidakpastian masa depan itu akan tersibak seiring dengan berjalannya waktu. Apapun yang terjadi nanti, yang harus dipersiapkan adalah  mental. Kalau lulus, alhamdulillah harus disyukuri. Kalau tidak, bukan berarti tidak lulus. Hanya harus diremedial, artinya masih ada kesempatan satu kali lagi. Jangan sampai jatuh pada depresi dan frustrasi, karena itu tidak akan menyelesaikan masalah sama sekali. Hmm, bicara itu memang paling gampang, tapi praktiknya belum tentu bisa setegar itu. 
    Dalam perjalanannya, kekuatan mental sering dihadapkan pada rintangan dan kesulitan yang  berasal dari lingkungan maupun dari dalam diri sendiri, dan terjadi sewaktu latihan uji mental  maupun acara resmi. Idealnya seorang yang bermental baja harus merespon kesulitan seperti seorang Climber dalam mencapai puncak prestasinya. Jika direnungkan, kegagalan, derita dan kekecewaan yang pernah dialami oleh orang yang bermental baja tidak berbeda dengan mereka yang menyerah dan membenamkan diri dalam penyesalan maupun kegagalan mengendalikan mental itu sendiri. Perbedaannya, kelompok yang satu selalu cepat menyerah karena kegagalan, sedangkan kelompok yang lain belajar dan memetik hikmah dari kegagalan. Justeru kebanyakan orang gagal adalah orang yang tidak menyadari betapa dekatnya mereka ke titik sukses saat mereka memutuskan untuk menyerah. Selain itu pemicu orang gagal, yakni mereka yang bertindak tanpa berpikir, dan mereka yang berpikir tanpa bertindak. Sesungguhnya kegagalan dan kekalahan adalah juga pelajaran untuk berhasil.
    Tentu akan lebih baik bila memilih sifat tabah dengan iman, karena sifat tabah mampu menghadapi tekanan. Juga menjadikan segala bentuk tekanan bukan sebagai kendala, tetapi dimaknai sebagai tantangan yang akan membentuk kepribadian dirinya menjadi lebih cemerlang. Anehnya dalam tekanan justru akan menimbulkan kreativitas, dinamika, dan nilai tambah bagi seseorang. Sikap tabah melahirkan keyakinan, kekuatan, dan kesungguhan untuk melahirkan hasil yang bernilai tinggi. Mereka tidak mudah menyerah, walaupun tantangan atau tekanan menghadang setiap langkah. Mereka sangat yakin bahwa nilai setiap usaha akan terasa semakin bermakna bila mereka mampu mengatasi setiap tantangan yang dihadapinya. Mereka sadar bahwa untuk memperoleh  mutiara dibutuhkan perjalanan yang panjang, menyelam jauh ke dasar samudera. Tidak ada hasil yang gratis kecuali harus diperjuangkan.

Jumat, 18 April 2014

Bank Soal Matematika SMA

Para Netter, silahkan download LATIH UN dan BANK SOAL untuk semua program studi baik untuk program IPA, IPS, maupun Bahasa di bawah ini, semoga bermanfaat.
 
Matematika Program Bahasa
Mtk Program Bahasa 2013LATIH UN klik disini
BANK SOAL UN 2013 klik disini



PROGRAM IPS

PROGRAM IPA 
Soal dan Kunci Jawaban UN 2002 - 2013
LATIH UN klik disini
 BANK SOAL UN 2013 klik disini
PROGRAM BAHASA


PROGRAM IPS



BANK SOAL 2012 klik disini LATIH UN klik disini

Pembahasan Soal UN Matematika Program IPA SMA 2013 (TRIK SUPERKILAT) (Paket 1)
Pembahasan Soal UN Matematika Program IPA SMA 2013 (TRIK SUPERKILAT) (Paket 2)
Pembahasan Soal UN Matematika Program IPA SMA 2013 (TRIK SUPERKILAT) (Paket 3)
Pembahasan Soal UN Matematika Program IPA SMA 2013 (TRIK SUPERKILAT) (Paket 4)
Pembahasan Soal UN Matematika Program IPA SMA 2013 (TRIK SUPERKILAT) (Paket 5)
Pembahasan Soal UN Matematika Program IPS SMA 2013 (TRIK SUPERKILAT) (Paket 1)
Pembahasan Soal UN Matematika Program BAHASA SMA 2013 (TRIK SUPERKILAT) (Paket 1)
Pembahasan Soal UN Fisika SMA 2013 (TRIK SUPERKILAT) (Paket 1)
Pembahasan Soal UN Fisika SMA 2013 (TRIK SUPERKILAT) (Paket 2)
Pembahasan Soal UN Fisika SMA 2013 (TRIK SUPERKILAT) (Paket 3)
Pembahasan Soal UN Fisika SMA 2013 (TRIK SUPERKILAT) (Paket 4)
Pembahasan Soal UN Fisika SMA 2013 (TRIK SUPERKILAT) (Paket 5)
Pembahasan Soal UN Matematika SMK 2013 Kelompok Teknologi (TRIK SUPERKILAT) (Paket 1)
Pembahasan Soal UN Matematika SMK 2013 Kelompok Akuntansi (TRIK SUPERKILAT) (Paket 1)
Pembahasan Soal UN Matematika SMK 2013 Kelompok Pariwisata (TRIK SUPERKILAT) (Paket 1)
Pembahasan Soal UN Matematika SMP 2013 (TRIK SUPERKILAT) (Paket 1)
Download Lengkap Soal dan Pembahasan UN SMP, SMK dan SMA

Kamis, 20 Maret 2014

Prediksi dan Soal - Jawab UN SMP

1. Pembahasan Soal Matematika SMP/MTs
2. Soal Paket 1
3. Soal Paket 2
4. Soal Paket 3
5. Soal Paket 4
6. Soal Paket 5
7. Soal Paket 6
8. Soal Paket 7
9. Soal Paket 8
10. Soal Paket 9
11. Soal Paket 10
12. Soal Paket 11
13. Soal Paket 12
14. Soal Paket 13
15. Soal Paket 14
2013
Soal dan Pembahasan UN Mtk SMP 2013 Paket 1
Soal dan Pembahasan UN Mtk SMP 2013 Paket 2
Soal dan Pembahasan UN Mtk SMP 2013 Paket 3
Soal dan Pembahasan UN Mtk SMP 2013 Paket 4
Soal dan Pembahasan UN Mtk SMP 2013 Paket 5
Soal dan Pembahasan UN Mtk SMP 2013 Paket 6
Soal dan Pembahasan UN Mtk SMP 2013 Paket 7
Soal dan Pembahasan UN Mtk SMP 2013 Paket 8

percaya deh

  1. Jaga kesehatan
    Tentunya hal pertama adalah menjaga kondisi badan. Bagaimana mau belajar jika badan kita sakit, loyo, kurang gairah de el el. Kesehatan itu mahal sob, coba bayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan jika kita berobat kedokter, atau berapa kerugian yang ditimbulkan jika badan kita loyo, gak bergairah dan lemes... masa depan yang akan jadi taruhannya.

    So. mulai sekarang jagalah kesehatan kamu, bisa dengan berolah raga secara teratur, lari pagi setelah sholat shubuh sambil ngecengin cewek cewek cantik dipinggir jalan, atau apapun itu. Dengan sendirinya gairah belajar kamu akan meningkat.
  2. Ikuti program pembelajaran disekolah dengan baik
    Jika badan kita sehat, penuh semangat, maka hidup kita akan dipenuhi dengan gairah dan kebahagiaan. Dalam mengikuti program pembelajaran di sekolah pun lebih bersemangat.

    Terkadang, terlalu banyak program belajar yang dicanangkan sekolah justru membuat kita merasa bosan, hmmm gimana nih? yups kuncinya adalah kondisi badan dan pola pikir di otak kita. perbaiki pola pikir dan jaga selalu kesehatan. Think different sob !!
  3. Persiapkan diri dengan banyak berlatih dengan soal
    Dari tahun ke tahun, yang namanya ujian nasional ya seperti itu, soalnya pun tidak jauh berbeda. Untuk itu banyak banyaklah berlatih soal, pahami setiap bentuk soal. Pada dasarnya yang berbeda hanyalah susunan kalimatnya saja, konsepnya tetap sama. Satu konsep kamu kuasai, insya Allah soal seperti apapun akan mudah kamu hadapi.
  4. Buat jadwal belajar mulai sekarang, dan fokuslah pada satu hal
    Yang ini juga ga kalah penting sob, suatu hal yang terstruktur dan terpola secara rapi maka hasilnya juga akan memuaskan. Sebagai contoh jadwal harian yang pernah aku buat, hari senin belajar bahasa Indonesia, hari selasa khusus belajar matematika, hari rabu mempelajari sains/ipa (biologi, fisika, kimia), hari kamis belajar bahasa inggris, dan seterusnya.

    Sisakan waktumu cukup satu jam perhari untuk fokus belajar satu mata pelajaran. Dan sisanya kamu bisa bermain sepuasnya sebagai hadiah dari belajarmu, insya Allah jika kamu konsisten dengan jadwal yang sudah kamu buat, hasilnya pasti dahsyat :D.
  5. Belajar kelompok, bahas soal saling bantu
    Kadang kala, belajar sendiri tidak selalu menyenangkan, jika kamu tipe orang yang suka belajar bareng, mungkin tips ini cocok buat kamu, pahamilah diri sendiri dan lakukan kemauanmu sendiri, dengan begitu kamu akan menikmati belajar, lebih enjoy dan ga ada rasa terpaksa.
  6. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan
    Belajar pada saat paling mood, meski sebentar akan tahan lama di memori. Itu sebagian saran dari temanku, tapi kapan mood belajar itu muncul? Hmmmm bisa jadi mood itu baru muncul saat Ujian Nasional telah usai, ha ha bisa kacau kalau kayak gini. :)

    Solusinya kita harus menciptakan mood untuk belajar. Caranya? Dulu waktu kita pertama kali belajar naik sepeda, meskipun terjatuh berkali-kali kita tidak pernah menyerah, sampai akhirnya kita lihai menaikinya. Pada saat seperti itu, apakah kita ngerasa sedang belajar? Ya, tapi apakah kita bosan untuk mencoba dan terus mencoba sampai bisa? Tidak, yups itu jawabannya, ciptakan suasana belajar yang mengasyikkan, menyenangkan, bila perlu jalan-jalan sambil baca buku, memancing sambil belajar teorema pytaghoras etc. Lakukan hobimu dan selingi dengan belajar, pasti lebih asyik dan bermakna
  7. Berdo’a dan mintalah do’a restu dari kedua orang tua
    Salah satu do’a yang paling mujarab adalah do’a orang tua kepada anaknya, mintalah restu pada orang tua kamu. Hal ini dapat menjadi spirit dan menambah rasa percaya diri yang luar biasa bagi kamu.

    Tentunya tidak adil jika kita minta di do’akan, tapi kita sendiri tidak ikut berdo’a untuk keberhasilan kita. Lucu banget jika hal seperti itu sampai terjadi. Maka berlakulah adil, diri kita sendiri yang harus bekerja lebih keras, bukan orang lain!!.
  8. Jangan lupa sarapan sebelum mengerjakan soal
    Ini penting!!, saking semangatnya mengikuti UN, kita sampai lupa hukum kekekalan energi bahwa kita ga bisa berpikir maksimal kalau perut belum terisi (logika gak jalan tanpa logistik bro!!)
  9. Manfaatkan moment sesaat sebelum ujian untuk mereview materi ujian
    Sekedar memancing ingatan agar lebih mudah digali saat mengerjakan soal, kita bisa membuka-buka lagi materi pelajaran yang sudah kita pelajari sebelumnya, tapi bukan dibaca keseluruhan, hanya direview sesaat.
  10. Kumpulkan referensi materi ujian selengkap mungkin
    Salah satu sahabatku pernah berkata begini:
- See more at: http://mafiaball.blogspot.com/2014/01/10-persiapan-untuk-menghadapi-ujian.html#sthash.i5J8qcMj.dpuf

percaya deh

  1. Jaga kesehatan
    Tentunya hal pertama adalah menjaga kondisi badan. Bagaimana mau belajar jika badan kita sakit, loyo, kurang gairah de el el. Kesehatan itu mahal sob, coba bayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan jika kita berobat kedokter, atau berapa kerugian yang ditimbulkan jika badan kita loyo, gak bergairah dan lemes... masa depan yang akan jadi taruhannya.

    So. mulai sekarang jagalah kesehatan kamu, bisa dengan berolah raga secara teratur, lari pagi setelah sholat shubuh sambil ngecengin cewek cewek cantik dipinggir jalan, atau apapun itu. Dengan sendirinya gairah belajar kamu akan meningkat.
  2. Ikuti program pembelajaran disekolah dengan baik
    Jika badan kita sehat, penuh semangat, maka hidup kita akan dipenuhi dengan gairah dan kebahagiaan. Dalam mengikuti program pembelajaran di sekolah pun lebih bersemangat.

    Terkadang, terlalu banyak program belajar yang dicanangkan sekolah justru membuat kita merasa bosan, hmmm gimana nih? yups kuncinya adalah kondisi badan dan pola pikir di otak kita. perbaiki pola pikir dan jaga selalu kesehatan. Think different sob !!
  3. Persiapkan diri dengan banyak berlatih dengan soal
    Dari tahun ke tahun, yang namanya ujian nasional ya seperti itu, soalnya pun tidak jauh berbeda. Untuk itu banyak banyaklah berlatih soal, pahami setiap bentuk soal. Pada dasarnya yang berbeda hanyalah susunan kalimatnya saja, konsepnya tetap sama. Satu konsep kamu kuasai, insya Allah soal seperti apapun akan mudah kamu hadapi.
  4. Buat jadwal belajar mulai sekarang, dan fokuslah pada satu hal
    Yang ini juga ga kalah penting sob, suatu hal yang terstruktur dan terpola secara rapi maka hasilnya juga akan memuaskan. Sebagai contoh jadwal harian yang pernah aku buat, hari senin belajar bahasa Indonesia, hari selasa khusus belajar matematika, hari rabu mempelajari sains/ipa (biologi, fisika, kimia), hari kamis belajar bahasa inggris, dan seterusnya.

    Sisakan waktumu cukup satu jam perhari untuk fokus belajar satu mata pelajaran. Dan sisanya kamu bisa bermain sepuasnya sebagai hadiah dari belajarmu, insya Allah jika kamu konsisten dengan jadwal yang sudah kamu buat, hasilnya pasti dahsyat :D.
  5. Belajar kelompok, bahas soal saling bantu
    Kadang kala, belajar sendiri tidak selalu menyenangkan, jika kamu tipe orang yang suka belajar bareng, mungkin tips ini cocok buat kamu, pahamilah diri sendiri dan lakukan kemauanmu sendiri, dengan begitu kamu akan menikmati belajar, lebih enjoy dan ga ada rasa terpaksa.
  6. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan
    Belajar pada saat paling mood, meski sebentar akan tahan lama di memori. Itu sebagian saran dari temanku, tapi kapan mood belajar itu muncul? Hmmmm bisa jadi mood itu baru muncul saat Ujian Nasional telah usai, ha ha bisa kacau kalau kayak gini. :)

    Solusinya kita harus menciptakan mood untuk belajar. Caranya? Dulu waktu kita pertama kali belajar naik sepeda, meskipun terjatuh berkali-kali kita tidak pernah menyerah, sampai akhirnya kita lihai menaikinya. Pada saat seperti itu, apakah kita ngerasa sedang belajar? Ya, tapi apakah kita bosan untuk mencoba dan terus mencoba sampai bisa? Tidak, yups itu jawabannya, ciptakan suasana belajar yang mengasyikkan, menyenangkan, bila perlu jalan-jalan sambil baca buku, memancing sambil belajar teorema pytaghoras etc. Lakukan hobimu dan selingi dengan belajar, pasti lebih asyik dan bermakna
  7. Berdo’a dan mintalah do’a restu dari kedua orang tua
    Salah satu do’a yang paling mujarab adalah do’a orang tua kepada anaknya, mintalah restu pada orang tua kamu. Hal ini dapat menjadi spirit dan menambah rasa percaya diri yang luar biasa bagi kamu.

    Tentunya tidak adil jika kita minta di do’akan, tapi kita sendiri tidak ikut berdo’a untuk keberhasilan kita. Lucu banget jika hal seperti itu sampai terjadi. Maka berlakulah adil, diri kita sendiri yang harus bekerja lebih keras, bukan orang lain!!.
  8. Jangan lupa sarapan sebelum mengerjakan soal
    Ini penting!!, saking semangatnya mengikuti UN, kita sampai lupa hukum kekekalan energi bahwa kita ga bisa berpikir maksimal kalau perut belum terisi (logika gak jalan tanpa logistik bro!!)
  9. Manfaatkan moment sesaat sebelum ujian untuk mereview materi ujian
    Sekedar memancing ingatan agar lebih mudah digali saat mengerjakan soal, kita bisa membuka-buka lagi materi pelajaran yang sudah kita pelajari sebelumnya, tapi bukan dibaca keseluruhan, hanya direview sesaat.
  10. Kumpulkan referensi materi ujian selengkap mungkin
    Salah satu sahabatku pernah berkata begini:
- See more at: http://mafiaball.blogspot.com/2014/01/10-persiapan-untuk-menghadapi-ujian.html#sthash.i5J8qcMj.dpuf
percaya deh

  1. Jaga kesehatan
    Tentunya hal pertama adalah menjaga kondisi badan. Bagaimana mau belajar jika badan kita sakit, loyo, kurang gairah de el el. Kesehatan itu mahal sob, coba bayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan jika kita berobat kedokter, atau berapa kerugian yang ditimbulkan jika badan kita loyo, gak bergairah dan lemes... masa depan yang akan jadi taruhannya.

    So. mulai sekarang jagalah kesehatan kamu, bisa dengan berolah raga secara teratur, lari pagi setelah sholat shubuh sambil ngecengin cewek cewek cantik dipinggir jalan, atau apapun itu. Dengan sendirinya gairah belajar kamu akan meningkat.
  2. Ikuti program pembelajaran disekolah dengan baik
    Jika badan kita sehat, penuh semangat, maka hidup kita akan dipenuhi dengan gairah dan kebahagiaan. Dalam mengikuti program pembelajaran di sekolah pun lebih bersemangat.

    Terkadang, terlalu banyak program belajar yang dicanangkan sekolah justru membuat kita merasa bosan, hmmm gimana nih? yups kuncinya adalah kondisi badan dan pola pikir di otak kita. perbaiki pola pikir dan jaga selalu kesehatan. Think different sob !!
  3. Persiapkan diri dengan banyak berlatih dengan soal
    Dari tahun ke tahun, yang namanya ujian nasional ya seperti itu, soalnya pun tidak jauh berbeda. Untuk itu banyak banyaklah berlatih soal, pahami setiap bentuk soal. Pada dasarnya yang berbeda hanyalah susunan kalimatnya saja, konsepnya tetap sama. Satu konsep kamu kuasai, insya Allah soal seperti apapun akan mudah kamu hadapi.
  4. Buat jadwal belajar mulai sekarang, dan fokuslah pada satu hal
    Yang ini juga ga kalah penting sob, suatu hal yang terstruktur dan terpola secara rapi maka hasilnya juga akan memuaskan. Sebagai contoh jadwal harian yang pernah aku buat, hari senin belajar bahasa Indonesia, hari selasa khusus belajar matematika, hari rabu mempelajari sains/ipa (biologi, fisika, kimia), hari kamis belajar bahasa inggris, dan seterusnya.

    Sisakan waktumu cukup satu jam perhari untuk fokus belajar satu mata pelajaran. Dan sisanya kamu bisa bermain sepuasnya sebagai hadiah dari belajarmu, insya Allah jika kamu konsisten dengan jadwal yang sudah kamu buat, hasilnya pasti dahsyat :D.
  5. Belajar kelompok, bahas soal saling bantu
    Kadang kala, belajar sendiri tidak selalu menyenangkan, jika kamu tipe orang yang suka belajar bareng, mungkin tips ini cocok buat kamu, pahamilah diri sendiri dan lakukan kemauanmu sendiri, dengan begitu kamu akan menikmati belajar, lebih enjoy dan ga ada rasa terpaksa.
  6. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan
    Belajar pada saat paling mood, meski sebentar akan tahan lama di memori. Itu sebagian saran dari temanku, tapi kapan mood belajar itu muncul? Hmmmm bisa jadi mood itu baru muncul saat Ujian Nasional telah usai, ha ha bisa kacau kalau kayak gini. :)

    Solusinya kita harus menciptakan mood untuk belajar. Caranya? Dulu waktu kita pertama kali belajar naik sepeda, meskipun terjatuh berkali-kali kita tidak pernah menyerah, sampai akhirnya kita lihai menaikinya. Pada saat seperti itu, apakah kita ngerasa sedang belajar? Ya, tapi apakah kita bosan untuk mencoba dan terus mencoba sampai bisa? Tidak, yups itu jawabannya, ciptakan suasana belajar yang mengasyikkan, menyenangkan, bila perlu jalan-jalan sambil baca buku, memancing sambil belajar teorema pytaghoras etc. Lakukan hobimu dan selingi dengan belajar, pasti lebih asyik dan bermakna
  7. Berdo’a dan mintalah do’a restu dari kedua orang tua
    Salah satu do’a yang paling mujarab adalah do’a orang tua kepada anaknya, mintalah restu pada orang tua kamu. Hal ini dapat menjadi spirit dan menambah rasa percaya diri yang luar biasa bagi kamu.

    Tentunya tidak adil jika kita minta di do’akan, tapi kita sendiri tidak ikut berdo’a untuk keberhasilan kita. Lucu banget jika hal seperti itu sampai terjadi. Maka berlakulah adil, diri kita sendiri yang harus bekerja lebih keras, bukan orang lain!!.
  8. Jangan lupa sarapan sebelum mengerjakan soal
    Ini penting!!, saking semangatnya mengikuti UN, kita sampai lupa hukum kekekalan energi bahwa kita ga bisa berpikir maksimal kalau perut belum terisi (logika gak jalan tanpa logistik bro!!)
  9. Manfaatkan moment sesaat sebelum ujian untuk mereview materi ujian
    Sekedar memancing ingatan agar lebih mudah digali saat mengerjakan soal, kita bisa membuka-buka lagi materi pelajaran yang sudah kita pelajari sebelumnya, tapi bukan dibaca keseluruhan, hanya direview sesaat.
  10. Kumpulkan referensi materi ujian selengkap mungkin
    Salah satu sahabatku pernah berkata begini:
- See more at: http://mafiaball.blogspot.com/2014/01/10-persiapan-untuk-menghadapi-ujian.html#sthash.i5J8qcMj.dpuf
Soal dan Pembahasan UN Matematika SMP 2012/2013 Download
Soal dan Pembahasan UN Matematika SMP 2011/2012 Download
Soal dan Pembahasan UN Matematika SMP 2010/2011 Download
Soal dan Pembahasan UN Matematika SMP 2009/2010 Download



  • Soal dan Jawaban Paket A Download
  • Soal dan Jawaban Paket B Download 
  • Rabu, 19 Maret 2014

    Kumpulan Soal OSN Matematika

     KUMPULAN SOAL OSN 2007
    1. [OSN 2009] Soal Eksplorasi
    2. [OSN 2009] Soal Uraian
    3. [OSN 2009] Soal Isian Singkat
    4. 2008-thailandwymic-team
    5. 2008-thailandemic-team
    6. 2008-thailandemic-individual
    7. taiwanimso-2007-essay1
    8. 2007taiwan-imso-math-shortanswer
    9. 2007-taiwanimso-math-exploration
    10. taiwanimso-2006shortanswer
    11. taiwanimso-2006-essay
    12. 2006-taiwanimso-math-exploration
    13. 2005-taiwanimso-math-4
    14. 2005-taiwan-imso-mathessay
    15. 2005-taiwanimso-shortanswer
    16. ASEAN 2003
    17. thailand-emic-20031
    18. 2007-hemic-individual1
    20. hongkongemic-2007-team
    21. 2006-inaemic-math-puzzle-game-eng
    22. individual-test INAEMIC 2006
    23. team-test inaemic 2006
    24. india-emic-individual
    25. india-emic-team
    26. 2005-pemic-math-puzzle-game
    27. 2005-pemic-math-puzzle-game(2)
    28. plk-08-2004-individual1
    29. plk-08-2004-teaml1
    30. plk-9th-individual-2005-contest1
    31. plk-9th-team-2005-contest1
    32. plk-2007-individual-questions1
    33. poleungkuk-07-2003-individual2
    34.poleungkuk-07-2003-team1
    35. poleungku-kndividual-questions_2006
    36. 2004-taiwanimso-explor1
    37. taiwanimso-2004-shortanswer
    38. tot-2001-spring-senior-a-level
    39. tot-2001-spring-senior-o-level
    40. tot-2001-spring-yunior-a-level
    41. tot-2001-spring-yunior-o-level2
    42. up-contest-2004
    43. up-contest-2005
    44. up-contest-2006
    45. up-contest-2007
    46. Soal Isian singkat prop jatim 2011
    47. Soal Uraian Prop Jatim 2011
    48. Soal Eksplorasi Prop Jatim 2011
    49. Soal Isian Singkat OSN 2006
    50. Soal Uraian OSN 2006
    51. Soal Eksplorasi OSN 2006
    52. Soal Isian Singkat OSN 2005
    53. Soal Uraian OSN 2005
    54. Soal Eksplorasi OSN 2005
    55. Soal Isian singkat OSN 2004
    56. Soal Uraian OSN 2004
    57. Soal Eksplorasi OSN 2004
    58. Kunci  OSN 2003
    59. Soal OSN 2003
    60. Soal AMC 2005
    61. Soal AMC 2004
    62. Soal AMC 2003
    63. Soal AMC 2002
    64. Soal AMC 2001
    65. Soal AMC 2000
    66. (OSN 2007) Kumpulan soal
    67. (OSN 2008) Soal-Jawab Isian singkat
    68. (OSN 2008) Soal-Jawab Uraian
    69. (OSN 2008) Soal jawab Eksplorasi
    70. [OSN 2009] Soal Isian Singkat
    71. [OSN 2009] Soal Uraian
    72. [OSN 2009] Soal Eksplorasi
    73. Soal Mat 2007 jatim
    74. Soal Jalur C 2008 Jatim
    75. Soal-jwb Isian singkat Jatim 2008
    76. Soal-jwb Uraian Jatim 2008
    77. Soal-jwb Eksplorasi Jatim 2008
    78. Soal Isian&Uraian Jatim 2009
    79. soal eksplorasi Jatim 2009
    80. Soal Isian singkat Jatim 2010
    81. Soal Uraian Jatim 2010
    82. Soal Eksplorasi Jatim 2010
    83. Lat soal PG dan Isian Jateng
    84. Mtk Jalur A Jateng
    85. Olmat Kab 2007 Jateng
    86. Uraian & Eksplorasi kab 2007 Jateng
    87. Jalur A 2007 thp 2 Jateng
    88. Uraian & Eksplorasi Jalur A 2007 Thp 2 Jateng
    89. Jalur A Jateng 2008 ke-2
    90. Jalur A Jateng 2008 ke-1
    91. Jalur A Jateng 2008 ke-4
    92. Jalur A Jateng 2008 ke-5
    93. Jalur A Jateng 2008 ke-6
    94. Jackmath Compt Olimpiade
    95. Jackmath Compt Kls6
    96. Jackmath Compt Kls5
    97. Jackmath Compt Kls4
    98. Jackmath Compt kls3
    99.JSM se Jawa Bali 2007
    100. JSM se-jawa 2007
    101. JSM se – Jawa 2006


    PAKET 1 [ DOWNLOAD DISINI ] :: KUNCI DAN PEMBAHASAN [ DOWNLOAD DISINI ]
    PAKET 2 [ DOWNLOAD DISINI ] :: KUNCI DAN PEMBAHASAN [ DOWNLOAD DISINI ]
    PAKET 3 [ DOWNLOAD DISINI ] :: KUNCI DAN PEMBAHASAN [ DOWNLOAD DISINI ]
    PAKET 4 [ DOWNLOAD DISINI ] :: KUNCI DAN PEMBAHASAN [ DOWNLOAD DISINI ]
    PAKET 5 [ DOWNLOAD DISINI ] :: KUNCI DAN PEMBAHASAN [ DOWNLOAD DISINI ]
    PAKET 6 [ DOWNLOAD DISINI ] :: KUNCI DAN PEMBAHASAN [ DOWNLOAD DISINI ]
    PAKET 7 [ DOWNLOAD DISINI ] :: KUNCI DAN PEMBAHASAN [ DOWNLOAD DISINI ]
    PAKET 8 [ DOWNLOAD DISINI ] :: KUNCI DAN PEMBAHASAN [ DOWNLOAD DISINI ]
    PAKET 9 [ DOWNLOAD DISINI ] :: KUNCI DAN PEMBAHASAN [ DOWNLOAD DISINI ]
    PAKET 10 [ DOWNLOAD DISINI ] :: KUNCI DAN PMEBAHASAN [ DOWNLOAD DISINI ]
    PAKET 11 [ DOWNLOAD DISINI ]
    PAKET 12 [ DOWNLOAD DISINI ]
    PAKET 13 [ DOWNLOAD DISINI ]
    PAKET 14 [ DOWNLOAD DISINI ]
    PAKET 15 [ DOWNLOAD DISINI ]
    PAKET 16 [ DOWNLOAD DISINI ]
    PAKET 17 [ DOWNLOAD DISINI ]
    PAKET 18 [ DOWNLOAD DISINI ]
    PAKET 19 [ DOWNLOAD DISINI ]
    PAKET 20 [ DOWNLOAD DISINI ]